5 Amalan Di hari Jumat - GRQ TAHFIZH -->
GRQ UPDATE
JAM BUKA SEKRETARIAT( 08.00 s/d 16.00 WIB)

Yuk Follow

Friday, April 2, 2021

5 Amalan Di hari Jumat

 


Sunah merupakan perbuatan, perkataan, sikap, maupun kebiasaan yang bersumber dari Rasulullah SAW. Dalam agama Islam, umat muslim yang menerapkan sunah dalam kehidupannya akan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan juga tidak menimbulkan dosa.

Ada banyak macam sunah yang dianjurkan untuk diamalkan. Salah satunya sunah Jumat, hari yang istimewa dalam Islam. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadis:

 Dari Abu Hurairah m RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (HR. Muslim) 

 Amalan sunah yang dikerjakan bertujuan untuk memuliakan hari Jumat sehingga sayang apabila dilewatkan begitu saja. Terlebih, akan ada banyak berkah dan nilai pahala di dalamnya. 

 1. Membaca surat Al-Kahfi 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir

Amalan sunah pertama yang sebaiknya ditunaikan di hari Jumat, yaitu membaca surat Al-Kahfi. Surat ini memiliki arti "Para Penghuni Goa" dan terdiri atas 110 ayat. Surat Al-Kahfi termasuk golongan surat Makkiyyah.

 Membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat memiliki keutamaan yang luar biasa. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini.

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka ia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi) 

 2. Membaca surat As-Sajdah dan Al-Insan saat salat Subuh di hari Jumat.

Amalan berikutnya yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari Jumat, yaitu membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan ketika salat Subuh. Baik saat menunaikan salat Subuh sendirian maupun salat berjamaah.

Surah As-Sajdah adalah surah ke-32 dalam Alquran sementara surah Al-Insan adalah surah ke-76. Adapun hadis yang menganjurkan untuk membaca kedua surah ini ialah:

 “Rasulullah SAW membaca ‘alif lamim tanzil..’ (surat As-Sajdah) pada rakaat pertama salat Subuh di hari Jumat. Sementara pada rakaat kedua, beliau membaca ‘hal atâ ‘alal insâni…' (surat Al-Insan).” (HR. Muslim).

Surat As-Sajdah dibaca secara lengkap pada rakaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah. Sementara surat Al-Insan juga dibaca secara lengkap saat rakaat kedua. Jadi, bukan dibaca sebagian ayatnya saja. 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, berkata:

“Bahwasanya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam biasa membaca pada salat Subuh di hari Jumat dengan الم تَنْزِيلُ (surat as-Sajdah) pada rakaat pertama. Sedangkan pada rakaat kedua هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنْ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا (surat Al-Insan).”

(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 3. Perbanyak memanjatkan doa

Ajarkanlah anak mama untuk memperbanyak membaca doa pada hari Jumat. Hal ini karena Jumat adalah hari yang mustajab untuk memanjatkan doa. 

 Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim tepat pada saat itu berdiri salat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan apa yang ia minta.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim) 

 Membaca doa di hari Jumat ini dapat dilakukan pada siang dan malam hari. 

Imam al-Syafi’i berkata, “Telah sampai hadits kepadaku bahwa doa diijabah pada malam Jumat dan ini bisa diqiyaskan dengan siang harinya.”

 4. Perbanyak bacaan sholawat Nabi

Pada hari Jumat, disunahkan untuk memperbanyak membaca sholawat Nabi. Membaca sholawat merupakan salah satu tanda kecintaan umat Islam kepada Rasulullah SAW.

Jadi, ajarkanlah anak untuk membaca sholawat Nabi dengan sungguh-sungguh dan hati yang ikhlas. Keutamaan membaca sholawat di hari Jumat telah dijelaskan dalam hadis. 

Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Pada hadis lainnya juga disebutkan bahwa, membaca sholawat di hari Jumat akan bernilai pahala yang berlipat ganda.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

5. Mandi dan memakai wewangian bagi laki-laki yang sudah baligh

Jumat menjadi hari yang istimewa dan mulia. Pada hari Jumat, setiap laki-laki muslim yang telah akil baligh harus melaksanakan salat Jumat secara berjamaah di masjid. 

Namun, sebelum menunaikan salat Jumat, seorang laki-laki muslim dianjurkan untuk mandi agar seluruh kotoran hilang dan memakai wewangian. Seluruh amalan sunah ini telah dijelaskan dalam sebuah hadis.

Dari Salman Al Farisi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Apabila seseorang mandi pada hari Juat, dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak dan harum-haruman dari rumahnya kemudian ia keluar rumah, lantas ia tidak memisahkan di antara dua orang, kemudian ia mengerjakan salat yang diwajibkan, dan ketika imam berkhutbah, ia pun diam, maka ia akan mendapatkan ampunan antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya.” (HR. Bukhari)

 

Load comments
Google Maps

Alamat Kami