KUMPULAN AYAT-AYAT MOTIVASI AL QURAN - GRQ TAHFIZH
GRQ UPDATE
JAM BUKA SEKRETARIAT( 08.00 s/d 16.00 WIB)

Yuk Follow

Wednesday, March 24, 2021

KUMPULAN AYAT-AYAT MOTIVASI AL QURAN

 

Kata-kata bijak Islam dari Al-Qur'an dapat kamu jadikan sebagai pelajaran agar menjadi muslim yang lebih beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Sebagai umat Islam yang taat, kamu harus menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan yang diberikan oleh-Nya.

Umat Islam memiliki pedoman, yaitu Al-Qur'an dan Hadis, yang menjadi arahan untuk memiliki hidup yang lebih baik di dunia dan akhirat.

Di dalam Al-Qur'an dipenuhi arahan serta kata-kata bijak yang dapat menuntunmu menjadi seorang muslim yang taat.

Sebagai seorang muslim yang beriman, kamu diharapkan selalu bijak dalam menghadapi sebuah masalah atau ujian yang diberikan Allah SWT.

Ada kalanya kamu merasa terpuruk dan lelah dengan segalanya, namun menyerah bukan sebuah opsi. Bangkit dan terus berjuang adalah hal yang harus dilakukan.

Dengan terus menjalani hidup di jalan Allah SWT yang berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan Hadis, Ia akan menjanjikanmu tempat terindah di surga.

Untuk membuatmu menjadi lebih beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, kamu dapat membaca kata-kata bijak Islam dari Al-Qur'an.

Berikut 30 kata-kata bijak Islam dari Al-Qur'an, seperti dirangkum dari laman MutiaraIslam, Kamis (26/8/2020).

 

1. "Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia." (Q.S Fusshilat: 34)

2. "Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (Q.S An-Nahl: 97)

3. "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqarah: 153)

4. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Q.S Ar-Ra'd: 11)

5. "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, 'Kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (Q.S Al-'Ankabut: 2)

6. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (Q.S Ali Imran: 139)

7. "Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai terhadap orang yang sombong dan membanggakan diri." (Q.S Al-Hadid: 23)

8. "Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?" (Q.S Al-Mulk: 3)

9. "Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata." (Q.S An-Nisa’: 112)

10. "Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi setelah diciptakan dengan baik." (Q.S Al-A'raf: 56)

11. "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena ulah tangan manusia." (Q.S Ar-Rum: 41)

12. "Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkanmu, kendati pun kamu berada dalam benteng yang tinggi dan kukuh." (Q.S An-Nisa: 78)

13. "Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati." (Q.S Ali Imran: 185)

14. "Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagimu. Kami memberimu minum dari apa yang berada dalam perutnya berupa susu yang bersih." (Q.S An-Nahl: 66)

15. "Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap berdiri di tempatnya, padahal dia berjalan seperti awan berjalan." (Q.S An-Naml: 88)

16. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Q.S Al-An’am: 32)

17. "Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi." (Q.S Al-Qashas: 77)

18. "Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu." (Q.S Al-Hadid: 20)

19. "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya di hadapan dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah." (Q.S Ar-Ra’d: 11)

20. "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu apa pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur." (Q.S An-Nahl: 78)

21. "Hai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S Al-Hasyr: 18)

22. "Jangan kamu mengatakan terhadap sesuatu, "Aku pasti melakukan itu besok pagi" kecuali dengan mengatakan, "Insyaallah". Ingatlah kepada Tuhanmu apabila kamu lupa dan katakan. Mudah-mudahan Tuhanku memberi petunjuk agar aku lebih dekat pada kebenaran." (Q.S Al-Kahfi: 23-24)

23. "Hai orang yang berselimut! Bangunlah lalu beri peringatan! Dan agungkanlah Tuhanmu! Bersihkanlah pakaianmu dan tinggalkanlah perbuatan dosa." (Q.S Al-Muddattsir: 1-5)

24. "Sungguh, setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan." (Q.S An-Nahl: 99)

25. "Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka." (Q.S An-Nisa’: 120)

26. "Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka." (Q.S An-Nazi’at: 40-41)

27. "Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui." (Q.S Al-A’raf: 200)

28. "Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikit pun. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." (Q.S Al-Qashas: 50)

29. "Andaikan kebenaran itu mengikuti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini." (Q.S Al-Mu’minun: 71)

30. "Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan) pada hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (Q.S Al-Ahzab: 21)

 

Sumber: MutiaraIslam

 

 

 

Load comments
Google Maps

Alamat Kami