Amalan Amalan Menyambut Bulan Ramadahan - GRQ TAHFIZH
GRQ UPDATE
JAM BUKA SEKRETARIAT( 08.00 s/d 16.00 WIB)

Yuk Follow

Wednesday, March 31, 2021

Amalan Amalan Menyambut Bulan Ramadahan


Amalan-amalan menyambut bulan suci Ramadan, mulai puasa Qadha hingga saling memaafkan. Sangat rugi jika tidak dilakukan. Puasa Ramadhan tinggal hitung hari. Kini Bulan Syaban sudah separuh perjalanan, artinya Bulan Ramadhan semakin dekat.

Penentuan 1 Ramadan akan diputuskan dalam sidang isbat yang dilaksankan Kementerian Keagamaan (Kemenag), setelah melihat hilal. Sejumlah amalan menyambut Bulan Ramadhan, bulan penuh kemuliaan tersebut. Berikut sejumlah amalan unuk menyambut Bulan Ramadhan 2021,

 1. Puasa Qadha

 Puasa Qadha adalah puasa pengganti yang wajib hukumnya dilaksanakan, bagi mereka yang meninggalkan Puasa Ramadhan di tahun lalu. Puasa Qadha boleh dilakukan kapan saja, kecuali hari-hari yang dilarang, dan sebelum datang Puasa Ramadhan selanjutnya.


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Ghodin 'an qadaa'in fardho ramadhoona lillahi ta'alaa

Artinya :


"Saya niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadan karena Allah Ta'ala".


2. Memantapkan hati


Menyambut Bulan Ramadhan harus dengan hati suka cita. Sebab bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan kemuliaan. Abu Hurairah berkata bahwa Nabi SAW. bersabda: "Shalat yang lima waktu, Jumat ke Jumat, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan kesalahan-kesalahan yang terdapat di antara masing-masing selama kesalahan besar dijauhi."

Abu Sa'id al-Khudri ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengetahui batas-batasnya dan ia menjaga diri dari segala apa yang patut dijaga, dihapuskanlah dosanya yang sebelumnya." (HR Ahmad dan Baihaqi).

Abu Hurairah berkata, "Telah bersabda Rasulullah SAT: 'Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu'." (HR Ahmad dan Ash-habus Sunan)


Hendaknya kita memantapkan hati untuk mendapatkan sejumlah keutamaan Bulan Ramadhan tersebut, agar menjadi Muslik yang bertaqwa.

3. Bersedekah

Rasulullah merupakan orang yang paling dermawan diantara manusia lainnya. Beliau semakin dermawan saat berada di bulan ramadan (HR Bukhari No. 4771 dan Muslim No.2307).

Oleh sebab itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadhan ini adalah dengan memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

 

مَنْ فَطَّرَ فِيْهِ صَائِمًا كَانَ لَهُ مَغْفِرَةً لِذُنُوْبِهِ، وَعِتْقَ رَقَبَتَهِ مِنَ النَّارِ، وكَانَ لَهُ مِثْلَ أَجْرِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَجْرِهِ شَيْءٌ

Barangsiapa di bulan ini memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, akan menjadikan ampunan bagi dosa sang pemberi, pembebas antara ia dan neraka, dan Ia mendapat pahala seperti orang puasa yang Ia beri buka puasa tanpa mengurangi pahala orang yang diberi makan buka puasa sama sekali.

  

Load comments
Google Maps

Alamat Kami