Social Networks

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Recent comments

About me

Follow by Email

Sponsor

Most Popular

Wednesday, January 31, 2018

Terus Belajar Membaca Al-Quran



Belajar membaca al-quran bagi orang yang pemula memang terbilang sangat sulit bila di lakukan. Namun jika ada keinginan yang kuat dan solusi yang tepat, semua masalah tersebut bisa di atas. hal yang di lakukan adalah dengan mengenal huruf-huruf hijaiyah. Huruf ini pada dasarnya mudah untuk di hafal jika tidak malas berlatih. Untuk Anda yang belum dapat membaca huruf di Al-Quran, huruf-huruf tersebut memang sulit sekali di ingat. Jika di ibaratkan sama saja pada saat kita belum bisa membaca huruf latin, yang melihatnya saja sudah bingung. Tapi bila sudah dapat membacanya, maka kita pun akan gampang membaca, walau dengan sebentar melihatnya.
Sebagian orang memang belum bisa membaca Al-Quran yang di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti sibuk dengan kegiatan atau malas jika di suruh belajar ngaji pada ahlinya yang hasilnya akan berdampak ketika kita sudah besar yang buta akan huruf al-quran. Rasa malu pun pasti ada jika kita tidak bisa membacanya. Beberapa solusi akan kami jelaskan tentang dasar dalam cara belajar membaca Al-Quran.

Cara Belajar Membaca Al-Quran

  1. Pengenalan huruf hijaiyah
Huruf hijiyah adalah huruf arab yang di pakai di dalam Al-Quran dengan jumlah 29 huruf. Semua huruf ini harus bisa di hafal di luar kepala, apabila ingin bisa membaca Al-Quran. Ada pengucapannya seperti huruf latin dan ada juga yang berbeda, seperti tsa, kha, dzal dan sebagainya. Selain mengenal dengan huruf hijaiyah secara satu persatu, kita harus juga tahu, bagaimana huruf tersebut jika di sambung dengan huruf hijaiyah lainnya, apakah dapat di sambung atau sebaliknya. Dalam belajar pengucapan huruf hijaiyah, kita wajib tahu makhrajnya. Makhraj adalah tempat keluarnya huruf.
  1. Pengenalan tanda baca
Tanda baca huruf hijaiya di katakan sebagai harakat. Dahulu tidak ada yang namanya tanda baca dan tanda titik dalam huruf hijaiyah, karena Al-Quran dulunya di tulis tanpa tanda baca, atau di sebut juga dengan huruf gundul. Jika tanpa tanda baca, apakah tidak bingung? Bagi yang fasih dalam bahasa arab, hal tersebut tidak jadi masalah.
Analoginya begini, orang indonesia biasa membaca SMS tanpa huruf vokal, namun paham apa maksudnya. Contohnya seperti berikut.
(“q gk tw km lg dmn”)
Anda pasti tahu artinya apa, namun bagi orang luar yang baru belajar Indonesia pasti belum tahu bagaimana cara membacanya.
Berhubungan dengan banyaknya pemeluk islam yang bukan dari bangsa Arab dan di cemaskan terjadi kesalahan dalam memahami isi Al-Quran, akhirnya di buatlah tanda-tanda baca yang sampai sekarang masih berlaku.
  1. Tajwid
Selain tanda baca, tajwid pun juga harus tahu dan di pahami dalam cara membaca Al-Quran. Tajwid adalah ilmu membaca Al-Quran dengan benar dan baik. Jika dalam bahasa inggris, ibaratnya ini grammar. Nah, grammar dalam bahasa Arab ada jenisnya. Ada yang namanya idzhar, ikhfa, idgham, iqlab, qalqalah dan lain-lain.
  1. Latihan
Supaya membaca Al-Quran itu lancar, tentu saja harus di latih dan jangan lupa tajwidnya harus benar. Apabila sudah dapat membaca Al-Quran, tentu saja lebih gampang dalam menghafalkannya. Akan bagus lagi jika terjemahannya di pelajari. Untuk siapa pun itu, yang ingin benar-benar belajar membaca Al-Quran, kalian dapat mencoba beberapa cara seperti yang di jelaskan.
sumber : http://belajarmembacaalquran.com/

0 comments:

Post a Comment