Social Networks

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Recent comments

About me

Follow by Email

Sponsor

Random Posts

Most Popular

Kamis, 02 Februari 2017

Profil Singkat Pondok Tahfidz Generasi Rabbani Qurani






Segala puji bagi Alloh swt Yang telah mengajarkan al-Quran, Yang telah menciptakan manusia dan mengajarkannya pandai berbicara. Semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Muhammad saw yang menjadi suritauladan kita. Amma ba'du.
Pemuda adalah asset generasi bangsa yang sangat penting, ditangan pemudalah nasib Negara dipertaruhkan. Pemuda yang berakhlaq baik dan cerdas adalah cerminan masa depan, begitupun sebaliknya pemuda yang krisis keimanan adalah alamat buruk tentang curamnya masa depan suatu bangsa.
Sosok pemuda adalah sosok yang penuh semangat dan energik dalam membela islam dimasa lalu bahkan dimasa kini dan akan datang, maka dengan berbagai acuan tersebut perlu adanya Generasi yang memiliki pemahaman yang dalam mengenai urusan  agama dan dunia-nya, yang memiliki akhlak yang mulia dalam kehidupannya, yang penuh prestasi dalam setiap amalnya, yang memberikan manfaat banyak bagi umatnya, mereka adalah generasi yang yang dibutuhkan umat, karena mereka adalah ruh yang terus mengalir memberikan kehidupan ditengah-tengah umat, memberikan kesegaran dikala umat sedang kering dan kehausan.
            Mereka adalah generasi yang memahami kitabnya (quran) dan selalu mengkajinya dengan membaca, memahami, menghapalkan, mengamalkan dan mendakwahkannya mereka adalah GENERASI RABBANI.
            Membentuk generasi rabbani adalah tanggung jawab kita semua sebagai kaum muslimin dan bahu membahu dengan segenap kemampuannya untuk mewujudkannya.
Atas dasar itulah kami YAYASAN GENERASI RABBANI QURANI tergerak untuk merealisasikan cita-cita ini dengan membuat program besar yaitu :
“ TAHFIZH BEASISWA 30 JUZ ”

            SEJARAH PONDOK TAHFIZH GENERASI RABBANI QURANI
Pondok Tahfizh Generasi Rabbani Qurani adalah salah satu pondok Tahfizh yang terdapat di kabupaten bandung, tepatnya  beralamatkan di Komplek Villa Bandung indah B5-7 Cileunyi - Bandung.
Pondok tahfizh generasi rabbani qurani dirintis  oleh Ust. Zafar Sidiq S.Pd.I. Al-Hafizhpada tanggal 27 Juli 2008, Kemudian diresmikan Pada tanggal 22 Oktober 2013 dengan YAYASAN GENERASI RABBANI QURANI sebagai payung hukum PONDOK TAHFIZH GENERASI RABBANI QURANI dengan Akta notaris no 06, 22-10-2013. dengan notaris Mohamad Juania, SH.M.Kn.Yan dan ijin dari  KEMENHUMKAM Nomor: AHU-2371.AH.01.04.Tahun 2014.
Fokus Pondok Tahfizh Generasi Rabbani Qurani adalah menyelenggarakan program tahfizh al quran beasiswa selama maksimal dua tahun untuk generasi muda baik ikhwan (laki-laki) maupun akhwat (perempuan). Dengan berbagai kegiatan ke-quran-an seperti tilawah (membaca al quran), ziyadah (menambah hafalan), muroja’ah (mengulang hafalan), tasmi’ (memperdengarkan hafalan al-quran), sima’ (mendengarkan bacaan al-quran), rihlah quraniyah (rekreasi bernuansa al quran), mukhoyyam al quran (jambore al quran), dirosah islamiyah (kajian keislaman) dan training life skill (pelatihan keterampilan) serta kegiatan bermanfaat lainnya yang merupakan sarana untuk membumikan al quran sebagai sumber kekuatan (source of power) individu dan sosial.
Dengan demikian tercetaklah generasi muda islam, menjadi hafizh al quran yang memiliki aqidah yang lurus, ibadah yang benar, akhlak yang baik, wawasan keislaman yang luas serta mahir dalam berbahasa arab.  Selain dari itu  mampu menjadi dai’ yang akan menyebarluaskan nilai-nilai qurani.

VISI DAN MISI
a)      Visi Pondok Tahfizh GRQ
Ø  Mencetak generasi muda yang Robbani
             ( Robbani adalah yang mengenal Alloh, paham terhadap syari’at, santun dalam prilaku, menjadi pembimbing manusia- ‘alim, hakim,halim,mu’alim,murobbi ).
وَلَكِنْكُونُوارَبَّانِيِّينَبِمَاكُنْتُمْتُعَلِّمُونَالْكِتَابَوَبِمَاكُنْتُمْتَدْرُسُونَ (العمران : 79)
            “...hendaklah kalian menjadi robbani, disebabkan kalian mengajarkan kitab dan kalian   mengkaji (kitab dan sunah)” (QS. Ali Imran: 79)
b)     Misi Pondok Tahfizh GRQ
      Mencetak generasi muda agar mencintai al-Quran melalui program tahsin dan tahfidz.
      Mencetak generasi muda agar memahami bahasa al-Quran melalui program bahasa Arab.
      Mencetak generasi muda agar berakhlaq al-Qur’an melalui kajian al-Quran, hadits dan dirosah islamiyyah.
         Mencetak generasi muda agar memiliki keterampilan melalui training life skill
           TUJUAN DAN SASARAN
a) TUJUAN
1.  Membentuk generasi yang mahir dalam membaca al-quran, mempelajarinya, mengamalkannya, mendakwahkannya dan memperjuangkannya dalam segala sendi kehidupan.
2.  Membina lingkungan yang kondusif untuk pembentukan generasi rabbani.
3. Mempersiapkan kader tahfizh untuk bisa meneruskan estafet perjuangan risalah Rasullah.
4. Mengintegrasikan kandungan al-quran dalam pola hidup generasi penerus singga tercipta insan cendekia yang beramal ilmiah dan berilmu amaliah serta berakhlakul karimah  
5.  Upaya membumikan Al-qur’an dalam konteks jaman sekarang.
 6.  Mencetak para pengajar Al-qur’an yang profesional.        
b) SASARAN
      1. Remaja usia 12 – 15 tahun sebanyak 30 %
2. Remaja usia 16 – 24 tahun sebanyak 60 %

3. Dewasa usia 25 tahun ke atas sebanyak 10 %

0 komentar:

Posting Komentar