Social Networks

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Recent comments

About me

Follow by Email

Sponsor

Most Popular

Monday, July 25, 2016

SANTRI GRQ, Lari pagi salahsatu agar menjadi muslim yang kuat


Bangun pagi-pagi dan pergi keluar rumah, tentu kita akan merasakan sejuknya udara pagi. Udara dimana masih segar dan  belum tercemari oleh asap kendaraan bermotor. Di waktu ini sangat cocok untuk olahraga yang paling murah. Apalagi kalo bukan lari-lari pagi. Cukup mencari spot yang kondusif dan  persiapan perlengkapan pakaian sudah cukup untuk melakukan aktivitas ini.
Aktivitas lari pagi ini semestinya sudah menjadi salah satu rutinitas kita, seperti documentasi photo diatas yang sudah di programkan oleh salahsatu Lembaga di Kota Bandung yakni Pondok Tahfizh GRQ
Program ini dinamakan OKE ( Olahraga dan Kesehatan ) dilaksanakan setiap hari pukul 06.00 - 06.15, seluruh santri secara bersamaan lari pagi keliling Lingkungan Komplek Villa Bandung Indah 2 - 3 keliling, kekompakan dan berjama'ah dalam mengayunkan langkah kaki di utamakan dalam agenda OKE ini tujuannya guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung Jawab. 
Sahabat Al-Qur'an agar menjadi Muslim yang kuat kita lihat Beragam manfaat lari pagi bagi kesehatan kita. berikut ini ulasan manfaat lari pagi selengkapnya :
1. Panjang Umur
Walaupun lari pagi banyak menggerakkan kaki bukan berarti efeknya hanya pada jangka pendek saja. Faktanya dengan lari pagi juga, kita akan memiliki manfaat untuk jangka panjang.
Penelitian :
Penelitian terbaru menemukan bahwa dengan berlari 56 Km dalam seminggu, akan menekan resiko kematian hingga 54%. Wow, tunggu apalagi mari kita mulai membiasakan lari pagi. Walaupun kematian adalah keniscayaan bagi manusia, namun usaha kita selama kita hidup turut menentukan usia kematian kita.
2. Kesehatan Jatung
Penelitian lain menyebutkan bahwa dengan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39%. Selain itu, gangguan endapan kolesterol bisa di kurangi hingga 34%. Berlari pagi membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung. Selain mengurangi resiko penyakit jantung, dengan control terhadap jumlah kolesterol di dalam tubuh tersebut juga menurunkan resiko obesitas.
3. Mencegah Infotensi
Khusus untuk pria, dengan berlari di pagi hari membantu fungsi kebugaran organ reproduksinya. Berangkat dari penelitian yang menemukan bahwa 3000 kalori per minggu yang di bakar dari aktivitas lari pagi bisa membuat disfungsi ereksi bisa di atasi hingga 83% kefektifannya.
Dengan demikian, salah satu masalah reproduksi yang paling tidak diinginkan kaum pria ini bisa diatasi dengan membiasakan diri berlari di pagi hari.
4. Memperkuat Tulang
Penelitian :
Universitas Missouri melakukan penelitian dengan membandingkan kepadatan tulang dari pelari dan para  pesepeda. Hasilnya 63 % pesepeda memiliki kepadatan tulang yang kurang baik dibanding para pelari yang hanya 19%. Hal ini artinya meskipun manfaat bersepeda juga baik bagi tulang, namun tetap para pelari memiliki kepadatan tulang lebih baik dibanding para pesepeda.
Angka tersebut menunjukkan bahwa pelari yang biasa berlari, ternyata memiliki sel-sel tulang lebih padat. Oleh karena itu, kenapa kita tidak meniru kebiasaan mereka? Dengan berlari tulang kita semakin padat dan kita menjadi pribadi yang lebih tahan banting.
5. Mencegah DImensia
Jurnal yang di buat oleh American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki rutinitas lari pagi sejak remaja akan mengurangi resiko kepikunan di saat usia senja. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan bahwa manfaat lari pagi mampu meningkatkan fungsi otak terkait kemampuan konsentrasi dan daya ingatnya, seperti yang didapat dari manfaat bermain catur.
6. menjaga Kualitas Tidur 
Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan para penderita insomnia yang di latih untuk rutin melakukan lari pagi berhasil membuat mereka mengatasi waktu tidurnya 17 menit lebih cepat. Selain itu mereka mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya setelah rutin berlari di pagi hari. Manfaat jogging ini bisa menjadi referensi bagi anda penderita insomnia untuk memperbaiki waktu tidur anda agar kembali lebih normal.
7. Membakar kalori
Banyak orang yang melakukan lari pagi karena alasan ingin membakar kalori dalam tubuhnya. Memang benar, bahwa lari pagi dapat mengurangi berat badan hingga 2 kali lebih efektif daripada yang didapat dari manfaat berjalan kaki. Aktvitas lari pagi akan membakar kalori hingga mencapai 2 kali lipat lebih efektif.
Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mengurangi berat badan anda dan saat ini sedang menjalani program diet, perlu bagi anda untuk mengimbanginya dengan rutinitas lari pagi.
8. Tidak Mudah Sakit
Studi yang dilakukan pakar di Swedia, menemukan bahwa pelari yang rutin berlari akan terhindar dari sakit flu hingga 18% dibanding mereka yang jarang berlari di pagi hari. Apalagi musim pancaroba yang ada di Indonesia, sangat rentan membuat tubuh kita mudah terserang penyakit. Sebaiknya kita turut mebiasakan diri untuk berlari pagi agar kesehatan fisik kita tetap terjaga.
9. Baik Untuk Pernapasan
Banyak olahraga yang dapat mengoptimalkan sistem pernafasan, contohnya pada manfaat berenang. Manfaat lari pagi bagi mereka yang memiliki sakit asma merasakan dampak yang baik bagi pernafasannya. Apalagi bagi kita yang sehat, pasti akan merasa sistem pernafasan terasa lebih baik.
Penelitian :
Sebuah penelitian yang melibatkan para penderita penyakit asma, dan kemudian untuk berlari rutin tiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya mereka merasa asmanya jarang kambuh setelah rutin lari pagi. Bahkan mereka merasa bernafas menjadi lebih lega.
10. Daya Tahan Tubuh Meningkat
Saat kita berlari maka metabolism tubuh akan meningkat, dengan begitu akan memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh lebih cepat. Pembentukan sel-sel immune tersebut sangat baik untuk membantu tubuh kita manangkal serangan-serangan virus yang mencoba menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, dengan kebiasaan lari pagi ini, immune tubuh anda semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit.
Terlepas dari itu faktor asupan seperti manfaat buah-buahan dan sayuran juga penting untuk membangun kekebalan imunitas tubuh.
11.  Memperkuat Otot
Selain bermanfaat untuk menurutkan berat badan, aktivitas lari pagi juga mampu menambah massa otot. Sehinga otot kita akan semakin kuat. Otot yang kuat akan membuat kita lebih bugar. Hal itu dikarenakan bahwa dengan berlari kita akan mengalami proses metabolism yang cepat, termasuk dalam proses produksi sel-sel otot untuk mengganti sel-sel otot yang tua menjadi lebih baru.
12. Terhindar dari setres
Selain bermanfaat untuk menurutkan berat badan, aktivitas lari pagi juga mampu menambah massa otot. Sehinga otot kita akan semakin kuat. Otot yang kuat akan membuat kita lebih bugar. Hal itu dikarenakan bahwa dengan berlari kita akan mengalami proses metabolism yang cepat, termasuk dalam proses produksi sel-sel otot untuk mengganti sel-sel otot yang tua menjadi lebih baru.
13. Menyehatkan Paru-Paru
Saat berlari yang dilakukan terutama di pagi hari membuat kadar oksigen yang masuk ke dalam paru-paru lebih banyak. Selain faktor lingkungan dimana saat pagi hari diketahui sangat kaya akan manfaat oksigen, juga karena aktivitas dari tubuh kita yang memicu untuk bernafas lebih kuat saat bergerak lebih aktif.  Masuknya oksigen dalam jumlah yang banyak ke dalam tubuh baik untuk kesehatan paru-paru.
14. Menjaga setamina Tubuh
Berlari memang mengeluarkan energi, namun dengan berlari pula kita akan menghasilkan energi. Energi baru yang di buat saat proses metabolisme tubuh, membuatnya menjadi seimbang. Namun berlari terlalu lama justru tidak baik dan malah membuat tubuh kita mengeluarkan terlalu banyak energi. Rutinitas lari pagi ini sebaiknya dilakukan dengan santai sekitar 30 sampai 60 menit setiap harinya. Asalkan dilakukan secara rutin maka hasilnya akan bisa kita dapatkan.
15. Mencegah Rasa Nyeri Otot
Lari pagi membuat tubuh kita bergerak aktif. Hal itu selain baik untuk proses metabolisme tubuh juga baik untuk membuat persendian tulang terlumasi dengan baik. Oleh karenanya, peredaran darah akan menjadi lebih lancar, serta membuat kita terhindar dari rasa nyeri. JIka kita merasa pegal-pegal, tidak ada salahnya kita mempersiapkan untuk berlari di pagi hari. Dengan demikian membuat rasa pegal kita akan hilang secara lebih alami.
16. Memperkuat Tulang kaki
Selain bisa membakar lemak, dan menambah massa otot, dengan lari pagi juga turut merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang pinggul, tulang punggung, serta tulang kaki kita. Dimana saat kita berlari, bagian kaki kita menjadi tumpuannya. Dengan begitu tulang kaki kita terlatih untuk lebih kuat. Bagi anda yang memiliki aktivitas kerja membutuhkan mobilitas yang tinggi, perlu memiliki tulang kaki yang kuat. Maka sebaiknya anda memasukkan kegiatan lari pagi ini menjadi salah satu dari rutinitas anda.
17. Mencegah Resiko Diabetes
Proses pembakaran pada lari pagi tidak hanya pada kalori melainkan juga kolesterol pada tubuh. Turunnya berat badan ketika rutin lari pagi membuktikan bahwa kandungan kalori dan kolesterol yang menumpuk perlahan-lahan jadi berkurang. Hal ini berbanding lurus dengan turunnya resiko penyakit diabetes. Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi resiko diabetes hingga 5%.
18. Mencegah Penyakit Rematik
Lari pagi membuat kita aktif menggerakkan kedua kaki kita. Gerakan itu membuat otot kaki kita menjadi lebih lentur, dan mengurangi ketegangan pada otot kaki. Para pakar sepakat kondisi tersebut akan membantu kita mengatasi penyakit rematik. Karena otot kita lebih lentur dan rasa nyeri semakin berkurang.
19. Mengatasi Hipertensi
Sejumlah manfaat sayur-sayuran memang dapat meredakan hipertensi, namun olahraga kardio seperti lari pagi juga baik untuk melancarkan peredaran darah. Gerakan kardio yang ringan ini, terbilang cukup proporsional untuk menjaga pola detak jantung. Kondisi ini membuat tekanan darah menjadi lebih normal. Bagi penderita hipertensi, para pakar menyarankan agar mulai membiasakan lari pagi. Karena dengan lari pagi turut membantu untuk menurunkan tekanan darahnya.
20. Mencegah Kangker Usus
Studi terbaru yang dilakukan di British journal of cancer menemukan bahwa dengan aktif lari pagi selama 5-6 jam dalam seminggu akan membuat resiko kaker berkurang hingga 24 %. Terutama resiko kanker pada usus besar. Karena pada saat berlari di pagi hari, gerakan yang kita lakukan turut memberikan pada usus kita. Kontraksi yang dihasilkan akan menjadi lebih alami, dan itu baik untuk kesehatan organ usus besar kita.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk ikhwah sekalian sehingga dapat menambah wawasan dan memahami  pentinya menjaga kesehatan agar maksimal dalam menjalankan penghambaan kepdanya. 

Sumber : http://manfaat.co.id/20-manfaat-jogging-bagi-kesehatan-fisik-dan-mental


0 comments:

Post a Comment