Social Networks

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Recent comments

About me

Follow by Email

Sponsor

Most Popular

Monday, February 1, 2016

Program weekend qurani

a.      PROGRAM KEGIATAN WEEKEND QURANI
Program Weekend Qurani adalah program kegiatan pekanan yakni hari sabtu dan minggu yang meliputi beberapa kegiatan diantaranya :


    SETORAN HAFALAN





Metode hafalan dan murojaah diantaranya :
 
a.      Tarkiz/Fokus : kegiatan ini santri harus mentarkiz/memfokuskan hafalannyaziyyadah ( menambah hafalan ) atau murojaah mengulang hafalan, apabila hafalannya sudah mengalir santri harus menyetorkannya kepada ustadznya.
b.    Setoran Dauri    : Santri di bagi beberapa kelompok, minimal satu kelompoknya 5-6 orang, kemudian santri membuat lingkaran dan setiap santri harus memperdengarkan bacannya kemudian ditashih oleh ustadznya baru dihafalkan secara bergantian.
c.       Setoran Ziyyadah Infirodi : santri harus menyetorkan hafalan barunya  minimal 1,5 hal.
d.      Tsunaiyyah : Santri berpasangan saling menyetorkan hafalannya secara bergantian.
e.      Murojaah Jama’iyyah : Seluruh santri secara jama’i/bersama-sama mengulang hafalannya minimal 1 juz, dengan targetan hafalannya mengalir seperti  al-fatihah
3.      Tahadjud 3 JUZ


SHALAT TAHAJUD 3 JUZ


Kegiatan tahajud dilaksanakan pada jam 01:00 – 04:30 dalam kegiatan Weekend qurani, sebanyak 3 orang imam akan membawa jama’ahnya untuk menikmati tahajud di malam tersebut, dan masing-masing imam akan memperdengarkan hafalannya sebanyak 1 juz. Dan rata-rata 1juz menghabiskan waktu sekitar 45 menit dan 30 menit bagi santri yang hafalannya benar-benar sudah mengalir.



MUHADHOROH DAN TAUJIH

Kegiatan Muhadhoroh ini dilasanakan pada jam 21:00-21:30 dan pesertanya adalah para santri, tujuan adanya kegiatan ini agar santri terbiasa untuk berbicara di depan umum/para
santri yang lainnya. Kemudian selain muhadhoroh yakni ada taujih yakni motivasi Al-qur’an dari guru besar GRQ yang di laksanakan setelah muhadhoroh.

5.      Rihlah & Olahraga


RIHLAH & OLAHRAGA

Di pagi harinya setelah berlelah-lelah dengan Al-quran seharian kemudian para santri bernostalgia dengan olahraganya yakni futsal bagi yang ikhwan dan jalan pagi bagi yang akhwatnya. Dan sekali-kali para santri berinisiatif untuk hiking ke gunung terdekat untuk tadabur melihat kekuasaan Allah.
Program weekend qurani merupakan program unggulan pondok tahfizh Generasi Rabbani Qurani, pasalnya kegiatan ini tidak hanya bagi santri GRQ saja melainkan terbuka untuk umum, kegiatan ini sudah berlangsung 8 bulan dan dari perjalanannya alhamdulilah mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat dan masyarakat luar. Tujuan adanya kegiatan ini agar santri GRQ khususnya, semakin menjadi terbentuk hafalannya secara tarbawi dan umumnya mengajak masyarakat sekitar dan masyarakat luar agar menghabiskan waktu akhirpekannya bersama al-qur’an, dan ini merupakan amal ibadah yang sungguh luar biasa.

b.      Program Training Life Skills
Program unggulan lainnya yakni dalam bidang keterampilan santri yakni Training Life Skills yang akan bermanfaat untuk bekal masa depan santri, kegiatan training life skills ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga diantaranya, UIN, UNPAD dll, adapun bidang yang di geluti oleh santri dalam program ini iantaranya :
a.      Hidroponik
b.      HIPNOMORNING ( Hipnosys Motivation Training )
c.       Training Leadership
d.      Training Herbal


Training Life Skills HIDROPONIK




0 comments:

Post a Comment