Social Networks

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Recent comments

About me

Follow by Email

Sponsor

Random Posts

Most Popular

Sabtu, 06 Februari 2016

Weekend Qurani ( mabit Bareng Bersama Santri GRQ )


                           PROGRAM KEGIATAN WEEKEND QURANI
      Program Weekend Qurani adalah program kegiatan pekanan dilaksankan pada hari sabtu dan minggu yang meliputi beberapa kegiatan diantaranya :

                       TASMI 1-5 JUZ


TASMI/memperdengarkan hafalan 1-5 JUZ
 


      Dalam kegiatan tasmi, santri di haruskan memperdengarkan hafalannya kepada seluruh santri lain sebanyak 15 juz dalam satu kali duduk, teknisnya : santri yang akan tasmi di temani penyimak tujuannya supanya dapat di koreksi jika ada kesalahan, dan santri yang lainnya membuat lingkaran halakoh untuk menyimak secara seksama.  Menurut para santri tasmi 15 juz ini sangatlah menantang dan penuh persiapan, karna memang tidak mudah. Namun dengan mujahadah yang kuat insyaAllah akan mendapatkan kemudahan yang berarti. Tutur salah satu santri ( Fujiansyah Al-hafizh )

             SETORAN HAFALAN

Metode hafalan dan murojaah diantaranya :
 
     *      Tarkiz/Fokus : kegiatan ini santri harus mentarkiz/memfokuskan hafalannyaziyyadah ( menambah hafalan ) atau murojaah mengulang hafalan, apabila hafalannya sudah mengalir santri harus menyetorkannya kepada ustadznya.
   *   Setoran Dauri    : Santri di bagi beberapa kelompok, minimal satu kelompoknya 5-6 orang, kemudian santri membuat lingkaran dan setiap santri harus memperdengarkan bacannya kemudian ditashih oleh ustadznya baru dihafalkan secara bergantian.
      *    Setoran Ziyyadah Infirodi : santri harus menyetorkan hafalan barunya  minimal 1,5 hal.
d    *    Tsunaiyyah : Santri berpasangan saling menyetorkan hafalannya secara bergantian.
e  *  Murojaah Jama’iyyah : Seluruh santri secara jama’i/bersama-sama mengulang hafalannya minimal 1 juz, dengan targetan hafalannya mengalir seperti  al-fatihah
3             *   TAHAJUD 3 JUZ


SHALAT TAHAJUD 3 JUZ

Kegiatan tahajud dilaksanakan pada jam 01:00 – 04:30 dalam kegiatan Weekend qurani, sebanyak 3 orang imam akan membawa jama’ahnya untuk menikmati tahajud di malam tersebut, dan masing-masing imam akan memperdengarkan hafalannya sebanyak 1 juz. Dan rata-rata 1juz menghabiskan waktu sekitar 45 menit dan 30 menit bagi santri yang hafalannya benar-benar sudah mengalir.

       MUHADHOROH DAN TAUJIH

Kegiatan Muhadhoroh ini dilasanakan pada jam 21:00-21:30 dan pesertanya adalah para santri, tujuan adanya kegiatan ini agar santri terbiasa untuk berbicara di depan umum/para 
santri yang lainnya. Kemudian selain muhadhoroh yakni ada taujih yakni motivasi Al-qur’an dari guru besar GRQ yang di laksanakan setelah muhadhoroh.


0 komentar:

Posting Komentar